8 Tips Naik Kapal Pelni

Maret 28, 2019



Kapal laut merupakan sarana transportasi yang relatif murah dan terjangkau dalam menjangkau kawasan terdepan ibu pertiwi, khususnya daerah Indonesia Timur, kali ini saya akan memberikan 8 tips agar aman dan nyaman naik pelni. berikut adalah tips dari saya,

1. PESAN JAUH-JAUH HARI
            Keberangkatan Kapal Pelni tidak selalu ada setiap hari, maka carilah informasi keberangkatan melalui website PT. PELNI. Pastikan kembali durasi perjalanan, hindari perjalanan terlalu lama karena semakin lama berlabuh maka akan semakin mahal tiket kapal, kecuali jika ingin mampir di beberapa kota tempat persinggahan kapal, karena biasanya kapal bersandar cukup lama untuk memuat barang dan penumpang. Saat ini kapal pelni hanya menyediakan kelas ekonomi di semua kapal miliknya kecuali kapal Kelud dan Tidar, jadi tidak perlu berharap akan kelas bisnis atau eksekutif di kapal pelni.

2. PESAN MELALUI AGEN RESMI PELNI ATAU APLIKASI
Saat ini tiket pelni dapat dipesan melalui aplikasi  namun hanya terbatas di OS Android. Pembayaran dapat dilakukan di gerai alfamart dan indomaret serta melalui bank BRI. Struk atau bukti pembayaran nantinya dapat ditukar di loket pelni yang berada pelabuhan, saya sarankan untuk menukarkannya minimal 3 jam sebelum keberangkatan untuk menghindari antrian atau bahkan mendapat dek yang tidak nyaman, karena semakin akhir maka yang tersedia hanyalah dek “sisa”.
Loket penukaran tiket online di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

3. BAWA MAKANAN DARI RUMAH
Selama di kapal, pelanggan kapal pelni akan mendapat jatah makan 3 kali sehari, namun jangan bayangkan makanan seenak didarat. Untuk menyediakan ribuan penumpang di kapal tentu saja dibutuhkan ekstra tenaga, maka dengan harga kapal yang relatif jauh lebuh murah, jangan anda lahap dan minta tambah, menu makanan di kapal tak jauh dari telur dengan proporsi dominan tepung, atau secuil ikan laut. Namun jika beruntung anda akan mendapat susu di pagi hari dan jus atau air mineral di siang dan malam hari. Jadi jika ingin menghemat pengeluaran lebih baik bawa air mineral, cemilan, lauk pauk, p*pmie dan kopi sendiri, karena makanan dan minuman di kapal jauh lebih mahal, kopi kapal ap* sachetan dihargai 10 ribu per cup, ayam crispy dengan nasi dihargai 35 ribu per porsi. Bawalah lauk pauk yang tahan lama, bawalah sambal jika perlu. Setidaknya jika tidak nyaman dalam dek kapal minimal urusan perut dapat terjamin.

4. JANGAN TERGIUR TAWARAN CALO
Saat ini sistem PT.Pelni sudah cukup ketat, tidak ada lagi calo tiket ,karena penumpang yang naik harus sesuai dengan nama sesuai KTP yang tertera di tiket. Jangan tergiur tawaran calo untun mencarikan tempat tidur, karena saat ini sistem tempat tidur harus sesuai dengan tiket. Para petugas akan sigap mengusir penumpang yang ketahuan menempati tempat tidur yang tidak sesuai dengan tiketnya.

5. AMANKAN BARANG BAWAAN
Amankan barang bawaan anda setibanya di pelabuhan, karena hal yang paling rawan bukanlah di atas kapal melainkah di pelabuhan, jangan simpan barang berharga anda di tempat yang mudah dijangkau orang lain. Lebih baik  pisahkan barang bawaan berharga dengan barang bawaan lainnya, karena nantinya akan memudahkan anda dalam mobilitas di atas dek. Tak perlu khawatir untuk meninggalkan barang bawaan  yang non-berharga di kapal, namun usahakan setelah kapal lepas sandar dan berkenalanlah dengan penumpang di sekitar anda, karena selama perjalanan di kapal anda akan menemukan keluarga baru, yang tentunya akan sangat membantu menjaga barang bawaan anda.

6. CARI PARTNER PERJALANAN
Sebenarnya tak perlu takut untuk naik kapal sendiri, namun alangkah lebih baik jika anda mencari teman seperjalanan, karena nantinya akan sangat membantu anda dalam menjaga barang-bawaan anda atau sekedar memijat anda jikalau anda pegal-pegal. Memiliki partner perjalanan akan sangat membantu dalam menghemat pengeluaran, khususnya dalam keperluan logistik selama di kapal. 

7. DOWNLOAD APLIKASI OFFLINE DAN LAGU-LAGU KESUKAAN
Selama perjalanan di kapal, anda akan sangat jarang menemui sinyal seluler, jadi persiapkan aplikasi offline di handphone seperti game ataupun lagu-lagu kesukaan anda, hiburan tersebut akan sangat membantu anda dalam membunuh kejenuhan di kapal . Di kapal pelni terdapat hiburan berupa bioskop mini dan live music pada malam hari. Ada pula siaran TV nasional  yang cukup jernih, bahkan saya sempat melihat debat capres di atas kapal bahkan setiap dek sudah memiliki kubu pendukung masing-masing.

8. JANGAN MALU UNTUK BERCENGKERAMA
Berbeda halnya dengan moda transportasi lain seperti bus maupun pesawat, perjalanan yang jauh akan membuat anda menemukan keluarga baru. Maka jangan malu untuk berkenalan dengan penumpang lainnya, hal tersebut akan sangat membantu kenyamanan sekaligus keamanan di dalam perjalanan anda. Bahkan jika beruntung anda akan diajak makan bersama mereka!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.