Bukit Samak : Secuil Uluwatu Belitung Timur

Desember 17, 2013


Setelah bosan berkeliling Kota Manggar dengan 1001 Warung kopinya, saya penasaran dengan tempat yang bernama bukit samak, entah mengapa di petunjuk jalan, tercetak jelas arah menuju bukit samak, melihat petunjuk jalan tersebut saya mengira bahwa bukit samak adalah destinasi wajib bagi orang-orang yang berkunjung ke Belitung Timur.
Apa yang unik dari bukit samak? Bukit samak terletak tak jauh dari pusat kota Manggar, melihat namanya yang berawalan bukit, saya kira mungkin bukit samak terletak di ketinggian yang lebih tinggi dari lainnya dan mungkin ketinggiannya mungkin 600 mdpl.an ternyata itu semua salah pemirsa. Letaknya yang cukup tinggi dari daratan disekitarnya mungkin benar tapi ya tidak sampai 600  mdpl. Untuk menuju ke “puncak”nya dari kaki bukit hanya dibutuhkan waktu kira-kira 10 menitan, dan seingat saya cuma ada 3 belokan sampai ke puncak.
Tidak terdapat apa-apa di puncak selain gazebo-gazebo dan bangunan-bangunan milik pemkab Belitung Timur seperti balai (atau apalah namanya) dan rumah dinas bupati dan wakil bupati Kabupaten Belitung Timur.
Tidak dikenakan biaya masuk untuk mengunjungi tempat ini, kebanyakan pengunjung bukit samak adalah kaum muda-mudi yang sedang memadu kasih. Tapi pemandangan disini cukup oke kok dengan background garis pantai dan laut walaupun sedikit tertutupi oleh semak-semak (oleh karena itu dinamakan bukit samak), oleh karena itu saya juluki tempat ini sebagai uluwatunya Belitung Timur, tanpa tebing karang tentunya.



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.