Sampai Di Tanjung Pandan Mau Ngapain?

Juli 16, 2013

                

Setelah anda mendarat di bandara HAS anandjoedin yang tak terlalu besar luasnya, jika anda tak punya plan matang tentu anda akan kebingungan mau ngapain. So disini g ada Taksi apalagi bus Damri, ada sih yang nawarin ngantar (dan tentunya dibayar). Tapi percayalah sama saya disini gak ada yang namanya angkutan bus Damri. Jarak bandara disini juga cukup jauh dari pusat kota, tidak mungkin anda berjalan kaki. Mungkin ada ojek tapi saya kurang tahu juga, mungkin juga ada agen tour and travel yang siap mengantar, tapi saya kurang tahu juga. (maap kurang jelas infonya, karena saat itu setibanya di bandara, saya masih mengurus ketertinggalan bagasi kami yang tertinggal di Bandara Soetta)

Jika anda punya uang yang mencukupi ya pake jasa tour and travel, kalau anda solo traveler susah juga ya, soalnya jarak pantai-pantai disini cukup jauh dari pusat kota, sekitar 1-2 jam.an. sewa mobil juga mahal. Bensin di Belitung saja untuk eceran bisa sampai 8 ribu perliter (di Tanjung pandan SPBU kalah stok sama pedagang bensin eceran, di Tanjung Pandan jual bensinnya tidak pake botol kaca kaya di pulau jawa, tapi pake jerigen gede yang dipake orang jualan air bersih kaya di Jakarta. Ada sih yang kecil paling 3 literan). Tapi tetap ada sih yang jualan 7 ribu per liter. So ojek adalah pilihan yang tepat!

Kota Tanjung Pandan juga relatif kecil sih, rata-rata disini banyak dihuni oleh orang-orang chinese walaupun masih kalah sama mayoritas orang pribumi. disini juga jarang sekali pengemis, pemulung, pengamen, atau gepeng makanya disini juga g ada tulisan “ngamen gratis/ngamen hari jumat” hehe. Entah mengapa, mungkin rakyatnya sudah sudah makmur semua..

So rencanakan wisata anda dengan matang, dan saya sarankan datanglah ke belitung secara rombongan jadi bisa patungan gitu (rata2 yang berkunjung ke Belitung rombongan sih, terlihat kalo baru mendarat di bandara). Selain itu harga kebutuhan pokok disini juga cukup mahal bisa 2 kali lipat di Jawa. Dan untuk penginapan, di Tanjung pandan dan sekitarnya penginapannya juga sudah banyak dan bervariasi dari yang low cost sampai kelas resort juga ada.  Tinggal browsing dan tanya2 sih. Saya g bisa ngasih referensi sih soalnya di Tanjung Pandan saya tidak menginap di hotel, oh iya satu tips lagi dari saya untuk barang-barang yang penting untuk berwisata kamera ataupun chargernya harap dibawa sendiri kedalam kabin ya, soalnya sering terjadi bagasi yang tertinggal di Bandara Soekarno Hatta, biasanya untuk anda yang Transit sih dan kemungkinan akan tiba pada saat penerbangan selanjutnya atau esok harinya. Siapkan juga baju ganti anda di tas yang akan anda bawa kedalam kabin pesawat. Karena jika semisalnya tas yang berisi baju anda tertinggal di Bandara Soetta anda sudah memiliki baju cadangan di tas anda. Selain itu harga pakaian disini juga relatif lebih mahal. Kesalahan pihak maskapai ini kata petugasnya biasanya sering terjadi disini.

So rencanakan wisata anda ke Bumi Laskar Pelangi dengan matang, selamat berlibur.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.